Jakarta (ANTARA) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan pelatihan bagi sumber daya manusia (SDM) pendamping untuk mewujudkan masyarakat berkesadaran hukum dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dalam upaya pengendalian karhutla, termasuk dalam hal pencegahannya, diperlukan peningkatan kapasitas SDM pendamping dalam aspek hukum. Dengan pemahaman yang komprehensif terkait aspek hukum, diharapkan dapat terbentuk masyarakat berkesadaran hukum, yang menjadi salah satu solusi permanen upaya pengendalian karhutla,” kata Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK Basar Manullang dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Rabu.

Pelatihan itu diselenggarakan KLHK dalam jaringan (e-learning) melalui fasilitas video convention pada 4-Eight Agustus 2020.

Basar mengatakan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan peran dan kapasitas SDM dalam mendampingi masyarakat dalam aspek hukum, khususnya yang berkaitan dengan upaya pengendalian karhutla.

Basar mengharapkan setelah mengikuti pelatihan tersebut, para peserta dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam upaya pengendalian karhutla secara utuh.

Peserta juga diharapkan dapat memiliki kapasitas sebagai SDM pendamping dalam aspek hukum dan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada desa asal peserta.

Peserta terdiri dari beberapa unsur yaitu anggota Polsek, Koramil, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, pendamping masyarakat (LSM), Tokoh Masyarakat dan Masyarakat yang Berkesadaran Hukum.

Complete peserta pelatihan berjumlah 248 orang yang meliputi sembilan wilayah desa daratan dan dua wilayah desa perairan, dan terbagi dalam 11 angkatan.

Wilayah desa yang menjadi goal pelatihan adalah sebagai berikut: Provinsi Riau yang meliputi Desa Lubuk Kembang Bunga, Ukui Pelalawan ; Desa Pergam, Rupat Bengkalis (wilayah perairan) ; Desa Tanjung Medang, Rangsang Kepulauan Meranti(wilayah perairan) ; Desa Pulau Gelang, Kuala Cenaku Indragiri Rokan ; Dosan, Pusako Siak

Laman: 1 2 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here