Ekstremisme rentan menyasar Muslim di Inggris karena sejumlah faktor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebuah opini Peter Welby, konsultan agama dan urusan international dengan spesialisasi dunia Arab, untuk Arab Information, 28 Juni 2020, menarik untuk dicermati. Dia menulis sebagai berikut:  

Telah terjadi penikaman di sebuah taman di Kota Studying, Inggris, pada akhir pekan lalu. Ketika saya menulis ini, kejadian itu belum diketahui apakah serangan (kelompok) Islam atau hanya aksi kekerasan secara acak. 

Kejadian itu kini sedang diselidiki dengan dugaan sebagai aksi terorisme. Namun ada laporan yang bertentangan tentang individu yang terlibat. Salah satu kelompok aktivis di Inggris mengkritik polisi karena menyelidiki kejadian itu sebagai “insiden teroris” dan berkata bahwa keputusan itu “terkait dengan ideologi dan sekali lagi merupakan tongkat untuk memukuli umat Islam biasa.”  

Jika yang melontarkan kritik itu hanya kelompok pinggiran, itu tak akan jadi masalah. Namun, kelompok aktivis ini adalah Cage, organisasi yang memiliki sejarah pernah memberikan komentar tak bijak terkait ekstrimis Islam. Cage juga didukung sejumlah individu berhaluan kiri radikal, salah satunya mantan pemimpin oposisi Inggris, Jeremy Corbyn.  

Pada faktanya, Cage memanglah bagian dari jaringan kelompok-kelompok kiri radikal, aktivis Muslim berbasis politik ketidakadilan, dan Islamis non-kekerasan. Ini adalah aliansi kenyamanan yang ada di sebagian besar Barat, di mana sebagian besar Islamis tidak mempertanyakan prinsip utama kelompok progresif. Sedangkan kaum kiri tidak terlalu fokus pada aspek-aspek yang meresahkan pada kaum Islamis.  

Saya fokus ke “Islamis non-kekerasan,” tetapi mendefinisikannya sulit. Definisi pemerintah Inggris telah berfokus pada nilai-nilai “Inggris” atau “mendasar”. Ini definisi yang lemah karena ekstremisme bersifat transnasional dan banyak dari sekutu kita tidak memakai standar identifikasi yang sama. 

Dalam kasus apa pun, pegawai negeri sipil dan politisi sekuler memiliki kebiasaan menganggap konservatisme agama dan ekstremisme agama sebagai sinonim secara luas: Suatu penggabungan yang berbahaya untuk setiap inisiatif kontra-ekstremisme. Lebih lanjut, upaya pemerintah untuk memerangi ekstremisme tanpa kekerasan di banyak negara Barat terhambat oleh komitmen pada kebebasan berbicara.

Laman: 1 2 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here