KN-MIPA memberikan dampak positif bagi pengembangan keilmuan MIPA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peningkatan pestasi mahasiswa pada kondisi pandemi  Covid-19 ini sangat dibutuhkan. “Berbagai upaya dilakukan untuk terus menjaga motivasi, partisipasi, dan prestasi mahasiswa harus dilakukan oleh semua pihak. Prestasi yang dicapai bukan hanya akademik tetapi non-akademik juga,” kata Dr  Misbah Fikrianto, Analis Kebijakan Madya/Koordinator Prestasi Pendidikan Tinggi  dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (5/8).

Ia menambahkan, salah satu kegiatan peningkatan prestasi tersebut adalan Kompetisi Nasional- Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA). Pelaksanaan KN-MIPA tingkat wilayah tahun 2020 diikuti oleh sebanyak 2.437 Peserta. Rinciannya: Bidang Biologi sebanyak 646 Peserta, Bidang Fisika sebanyak 551 Peserta, Bidang Kimia sebanyak 512, dan Bidang Matematika sebanyak 728 peserta. Mereka berasal dari 300 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

KN-MIPA merupakan kegiatan yang mengembangkan keilmuan dasar untuk dapat diterapkan dalam berbagai keilmuan yang ada. “Pembelajaran MIPA dalam konteks abad-21 juga sangat mendukung pengembangan berbagai sisi kehidupan yang lebih luas,” tuturnya.

Misbah mejelaskan, kondisi pandemi  Covid-19 menjadikan pelaksanaan berbagai kegiatan menyesuaikan dan lebih adaptif dengan teknologi. Pelaksanaan KN-MIPA  tingkat wilayah dilaksanakan secara daring dengan metode Laptop Primarily based Check (CBT) pada bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Kegiatan yang sangat strategis ini mulai tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan teknologi dan on-line. 

Menurut Misbah, kompetisi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman, aktivitas melalui daring, dan memberikan perbandingan kemampuan antar peserta. “Pemanfataan teknologi, baik dari sisi penguasaan alat, menggunakan aplikasi dan kemampuan untuk lebih ramah teknologi sangat dibutuhkan,” ujarnya. 

Pelaksanaan KN-MIPA tingkat wilayah merupakan proses lanjutan dari seleksi tingkat Perguruan Tinggi. Setiap Perguruan Tinggi untuk tahun ini, mengutus tiga  orang perwakilan untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah.

Pada tingkat wilayah nantinya akan dihasilkan perwakilan berdasarkan nilai untuk nantinya mengikuti KN-MIPA Tingkat Nasional. Pelaksanaan KN-MIPA tingkat wilayah dilaksanakan mulai tanggal 4-7 Agustus 2020.

Laman: 1 2 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here