Boroko, BeritaManado.com – Sebagai salah satu wilayah yang terletak di perbatasan, antara Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memiliki peran penting bagi kemajuan pariwisata di Sulut.

Pageant budaya daerah yang diselenggarakan hampir setiap tahun oleh Pemkab Bolmut pun ternyata mampu mendongrak kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan knowledge Dinas Pariwisata Bolmut, pada tahun 2018 kunjugan Wisatawan Nusantara (Wisnus) sebanyak 11.763 pengunjung, sedangkan kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) di tahun 2018 sebanyak 244 pengunjung.

Begitupun pada tahun 2019 kunjungan Wisnus mengalami kenaikan sebanyak 21.425 pengunjung, hal serupa pun terjadi pada kunjungan Wisman tercatat di tahun 2019 sebanyak 404 pengunjung.

“Kunjungan lokal maupun mancanegara terjadi karena adanya occasion daerah yang di gelar hampir setiap tahun oleh pemda Bolmut,” ujar Kepala Bidang Destinasi dan Ekonomi Kreatif Remin Pontoh kepada BeritaManado.com Selasa (21/7/2020).

Kata Kabid Remin, yang sudah menjadi occasion daerah setiap tahun di antaranya Pageant Batu Pinagut, Pageant Bunga Indah dan event-event pemerintah daerah lainnya.

Dikatakannya, selain mendongrak kunjungan wisatawan, event-event daerah yang diselenggarakan itu pun mampu menggerakan perekonomian masyarakat.

“Namun pada tahun 2020 ini banyak event-event daerah yang di pending karena dilarang untuk mengumpulkan massa sebab masih dalam keadaan pandemi,” tandasnya

Laman: 1 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here