Jakarta, CNN Indonesia —

Media sosial ramai soal unggahan yang menyebut kue tradisional klepon tidak islami. Kabar ini pun jadi viral.

Tapi informasi tersebut tidak tepat dan rumor belaka. Dalam Islam, menurut Ustaz Wahyul Afif Al-Ghafiqi, kue klepon tetap boleh dan halal dikonsumsi.

“Tidak tepat itu. Insyaallah klepon Halalan Toyyiban, jika bahannya untuk membuatnya halal, tidak tercampur barang najis dan diperoleh dengan jalan yang halal,” kata ustaz KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (21/7).

Ustaz Wahyul menjelaskan kabar klepon tidak Islami itu berasal dari orang-orang yang minim ilmu agama dan kerap salah pengertian. Dalam Islam, tidak ada pengelompokan makanan Islami atau tidak, yang ada adalah makanan yang halal dan haram.

“Menganggap semua dari Timur Tengah itu syar’i dan menganggap yang dari Indonesia enggak Syar’i, padahal dia lahir besar dan makan makanan Indonesia semacam klepon, gethuk, tempe, awug dan lain-lain yang enggak ada di Arab,” ungkap Wahyul yang merupakan Pengasuh Taman Belajar Al-Afifiyah ini.

Wahyul menyarankan agar setiap Muslim dapat memilah informasi yang benar dari orang-orang yang tepat dan sungguh-sungguh memahami agama.

Laman: 1 2 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here