Persoalan RUU Omnibus Law Indonesia: Kontroversi, Pro Kontra, Kapan Disahkan?
Web/Foto


MUDANEWS.COM, Jakarta – Rancangan Undang-Undang atau RUU Omnibus Regulation kembali menjadi topik pembicaraan setelah didemo kelompok buruh pada Kamis (16/7/2020). Mereka menyampaikan rasa kecewa karena pembahasan RUU Cipta Kerja terkesan tertutup.

“Pertama kita agak sedikit kecewa, ya, kepada pimpinan dan wakil-wakil rakyat di DPR RI. Di mana, sebenarnya aspirasi jauh sebelum hari ini, sejak 13 Januari kita sudah menyampaikan sikap kita kepada Baleg DPR RI saat itu,” kata Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos.

Menurut Nining para buruh harus tahu RUU Omnibus Regulation yang sedang disiapkan pemerintah saat ini. RUU Cipta Kerja dinilai sangat cacat prosedural dan sangat bertentangan dengan konstitusi negara. RUU juga dinilai menghilangkan prinsip perlindungan, kesetaraan, keadilan, kesejahteraan, demokrasi.

Pembahasan dan tanggapan tentang RUU Omnibus Regulation sebetulnya sudah sangat sering dibahas berbagai media. Namun masih saja ada yang bingung apa sih sebetulnya RUU Omnibus Regulation? Apakah RUU Omnibus Regulation hanya membahas soal buruh.

Laman: 1 2 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here