JAKARTA, iNews.id – Kebiasaan baru atau new regular sudah mulai diterapkan di tempat wisata, perhotelan, hingga restoran. Salah satu tujuan penerapan protokol kesehatan ini adalah untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Maka itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memastikan protokol kesehatan diterapkan dalam adaptasi kebiasaan baru oleh para pelaku usaha perhotelan dan restoran di Tanah Air.

Analisis Kebijakan Kemenparekraf, Noviendi Makalam mengatakan, protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Wholesome, Security, and Enviromental Sustainability) yang diinisiasi Kemenparekraf sangat penting diterapkan oleh pelaku usaha di bidang lodge dan restoran maupun konsumen di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“CHSE ini akan menggerakkan semua kegiatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. CHSE ini diperlukan agar kita mempunyai persamaan langkah menuju kebiasaan baru,” kata Noviendi, dalam Seminar Daring bertajuk “Adaptasi Kebiasaan Baru yang Sehat, Aman, dan Produktif Bagi Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”, Rabu (5/8/2020).

Lebih lanjut, Noviendi menjelaskan, Kemenparekraf telah menerbitkan buku panduan protokol kesehatan di bidang lodge, restoran, dan pelaku usaha ekonomi kreatif yang dapat diunduh di web site https://www.kemenparekraf.go.id/.

Buku panduan ini dibuat seaplikatif dan semudah mungkin dimengerti oleh lapisan masyarakat baik pengusaha, pelaksana, maupun pembina kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Strategis Kemenparekraf, Achmad Syahreza memaparkan, bisnis pariwisata adalah bisnis kepercayaan sehingga para pelaku usaha dan ekonomi kreatif harus dapat menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya. Tujuannya, untuk memudahkan dalam membangun rasa percaya dan aman bagi wisatawan.

“Sekarang ini, yang terpenting adalah membangkitkan rasa percaya sehingga wisatawan mau berwisata lagi tapi tetap aman dari Covid-19,” ujar Syahreza.

Laman: 1 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here