Jakarta

Pandemi virus Corona (COVID-19) dinilai akan meninggalkan jejak abadi terhadap perekonomian dunia. Seorang profesor di bidang keuangan internasional dari Kellogg Faculty of Administration at Northwestern College Amerika Serikat (AS), Sergio Rebelo menilai COVID-19 akan mengubah pola perekonomian dunia secara permanen.

Dilansir dari CNN Perspective, Senin (27/7/2020), Rebelo menilai jejak pandemi Corona ini akan sama seperti jejak serangan 11 September 2001 atau 9/11 yang menelan 3.000 korban jiwa, di mana hingga saat ini mengubah sistem keamanan AS secara permanen.

Ia pun membeberkan sejumlah aktivitas yang berubah drastis selama pandemi Corona ini. Seperti keterlibatan pemerintah dalam menjaga keseimbangan dunia usaha dengan memberikan kompensasi pada pekerja yang mendapatkan pemotongan upah dari perusahaan. Menurutnya, kebijakan ini dapat dijadikan permanen untuk perangkat pemulihan ekonomi.

Perubahan yang sangat terlihat ialah sistem bekerja. Saat ini, bekerja dari rumah atau jarak jauh cenderung lebih masif ketimbang bekerja di kantor.

Beberapa bukti menunjukkan bekerja di rumah sama efektifnya dengan bekerja di kantor. Meski beberapa perusahaan enggan menerapkan bekerja dari rumah, namun keberhasilan sejumlah perusahaan lain dapat berpengaruh pada sistem bekerja permanen di masa depan.

Laman: 1 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here